Lomba Menulis Cernak 2012 JPIN, Deadline: 30 September 2012

Salah satu sarana menanamkan nila-nilai akhlak dan budi pekerti yang baik kepada anak-anak yang efektif adalah melalui cerita. Nah, didorong oleh semangat ikut serta menanamkan nilai akhlak dan budi pekerti yang mulia melalui cerita kepada anak-anak Indonesia, Jaringan Pena Ilma Nafia (JPIN) berinisiatif menyelenggarakan event Lomba Menulis Cernak (Cerita Anak) 2012.

Ketentuannya :
  1. Lomba terbuka untuk umum.
  2. Naskah berbentuk cerita anak (cernak).
  3. Tema cernak bebas, yang penting mengandung nilai-nilai akhlak dan budi pekerti luhur, seperti kejujuran, persahabatan, kesetiakawanan, kasih sayang, kepedulian, tolong menolong, ketekunan, kerja keras, optimisme, bakti kepada ayah-ibu, dan sebagainya.  
  4. Naskah belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun, dan harus karya asli, bukan saduran, apalagi plagiat/jiplakan.
  5. Peserta wajib meng-add akun facebook Jaringan Pena Ilma Nafia  (http://www.facebook.com/jaringanpena.ilmanafia) dan tergabung dalam group Jaringan Pena Ilma Nafia (http://www.facebook.com/groups/jp.ilna/).
  6. Posting info lomba ini dan tag min. 20 teman termasuk akun FB Jaringan Pena Ilma Nafia.
  7. Naskah ditulis dalam kertas A4, font Times New Roman 12, 1,5 spasi, dengan panjang naskah minimal 4000 dan maksimal 5500 karakter dengan spasi (characters with spaces).
  8. Sertakan biodata dalam bentuk narasi di bawah naskah (bukan dalam file terpisah) dilengkapi alamat lengkap dan nomor HP yang bisa dihubungi.
  9. Cernak dikirim ke email: penerbitanjpin@gmail.com dalam lampiran (attach file) dengan subjek Cernak_Judul _Nama Penulis.
10.  DL atau batas akhir pengiriman naskah pada tanggal 30 September 2012 pukul 20.00 WIB.
11.  Pengumuman pemenang (insyaalah) pada tanggal 16 Oktober 2012.
12.  Pemenang terdiri dari Juara 1, 2, dan 3 masing-masing mendapat paket buku bacaan senilai Rp 400 ribu, Rp 300 ribu, dan 200 ribu, serta e-sertifikat.
13.  Dewan juri dari JPIN dan hasil keputusan juri tidak bisa diganggu gugat.
14.  Naskah terbaik akan dibukukan secara indie dengan sistem POD (Print on Demand), jadi tidak ada bukti terbit maupun royalti. Namun penulis yang tulisannya masuk dalam buku mendapat diskon 10% (non-member JPIN) dan 15% (member JPIN) bila menghendaki membeli bukunya.
15.  Naskah yang dinilai layak muat ke koran atau majalah akan difasilitasi pengirimannya ke koran atau ke majalah. Dan bila dimuat dan ada honornya, honor dibagi dua: 50% untuk penulis dan 50% untuk kas JPIN.
16.  Kontributor yang tulisannya lolos dibukukan akan mendapat e-sertifikat.

Ditunggu karyanya ya…
Selamat berkarya!

Jaringan Pena Ilma Nafia (JPIN)
www.blogjpin.wordpress.com

1 comment:

  1. Dimana bisa liat ya daftar peserta Menulis CERNAK JPIN ini? Katanya pengumuman tgl. 16 Oktober 2012. Dimana liat link-nya tuh? Makasih.

    ReplyDelete