Ketika "Blogilicious Fun Makassar" Bertasbih (Session 2)

Nice. Great. Awesome. Selalu saja ada kata-kata yang bisa mewakili perasaan di awal menulis. Sebagai janji saya ditulisan yang pertama Ketika "Blogilicious Fun Makassar" Bertasbih (Session 1), bahwa akan ada kelanjutan cuap-cuap dan segala bentuk ungkapan yang bisa kutuangkan pada hari kedua acara Blogilicious Fun Makassar. 
Kita mulai saja yah. Siapkan diri untuk membaca. Sebab, saya yakin kalian akan betah duduk sambil menikmati tulisan saya ini. (Ge-eR boleh dunk!!!).
Hari Kedua, yakni Ahad tanggal 22 Mei 2011. Kumantapkan langkah kaki lagi untuk menuju lokasi acara Blogilicious Fun Makassar. Lagi-lagi selalu mendapatkan sedikit kerikil sebelum berangkat. Kondisi kesehatan yang masih seperti di hari pertama acara ini, seakan sedikit lebih berat. Kepala pusing bahkan sempat keluar masuk WC karena muntah-muntah. 
Beda dengan hari pertama, sang kekasih sedikit tidak memberikan support, eh di hari kedua justru mengharapkan kehadiranku. Dan sibuk mengirimkan pesan di ponsel bututku agar tetap kuat dan pergi. Katanya akan rugi materi jika cuma ikut setengah-setengah. 
Sontak semangatku menjadi 100% yang tadinya cuma berada disekitar 75%. Sesuatu yang sangat hebat menurutku di pagi itu.
Perjalanan menuju lokasi acara Blogilicious Fun Makassar sedikit berbeda. Ada beberapa objek yang bisa kutampung sebagai koleksi galeri fotoku. 

  Jalan yang kutempuh menuju Blogilicous Fun Makassar - Roadblog 2011


Akhirnya, tiba juga di tempat acara pukul 08.10, agak sedikit telat dari hari pertama, setelah perjalanan yang kutempuh sekitar 1 jam dari rumah. Dan apa yang terjadi di hari kedua, tidak jauh berbeda dengan di hari pertama. Datang paling awal lagi. Disaat cuma ada 2  (dua) orang panitia Blogilicious Fun Makassar dan 3 (orang) panitia dari Berniaga.com. 
Tetapi hal ini tidak menyurutkan semangatku. Malah semakin memperkuat bahwa kursi baris dua dari depan masih kosong melompong. Dan tentu saja hal ini adalah peluang besar. 
Tanpa ragu, ruangan, kapasitas kurang lebih 200 orang, yang masih kosong kutembus dengan semangat sukses yang tiada tara. 
Tidak lama  menunggu, semua berdatangan. Dan satu yang sempat kukhawatirkan terjadi adalah tidak datangnya OMJAY. Soalnya, ada misi yang harus kulakukan untuknya.  Tidak lama setelah bergumam dalam hati mencari OMJAY, eh beliau nongol sambil ngomong minta maaf karena telat dan mengingatkanku bahwa Blog-ku sudah beliau berikan komentar.

Materi pertama di hari Kedua, dibawakan oleh Kak Mustamar Nasir, yang berjudul Theme Design. Materi ini cocok banget buat saya karena mengajarkan bagaimana memilih tema blog sehingga tampilan blog kita menarik, contohnya blogku (Narsis lagi deh...!!). Materi ini dibawakan dengan santai oleh Kak Mustamar. Dan yang lebih penting lagi, kak Mustamar adalah seorang yang narsis juga. Mataku tidak pernah berkelik melihat gayanya ketika saya dan beberapa peserta lain yang ingin mengambil gambarnya. Selalu saja ia bergaya. Bener-bener narsis abizzzz deh pokoknya...

Setelah materi Theme Design, dilanjutkan dengan materi SEO (Search Engine Optimation). Materi SEO ini dibawakan oleh Mas Gempur Abdul Ghofur. Logat Jawa yang kental sehingga medok-nya buat telinga "gimana gitu".
Senang rasanya mas Gempur membawakanmateri dengan lurus dan tanpa bertele-tele. Ada juga istilah khusus yang keluar dari beliau. Mau tahu??? Silakan gabung ke sosial media yang beliau ikuti...

Gaya Mas Gempur menjelaskan menurutku lumayan bagus, cuman dasar saya saja yang belum faham dari awal apa itu SEO sehingga membuatku bergumam sedniri, SEO SEO masuklah dalam otakku dan tolong jelaskan padaku sampai ke pembuluh darahku hingga aku faham.
Meskipun ga' begitu mengerti dengan SEO dan menjadikanku cemberut, ada Kak Opan yang memberikanku semangat. Beliau bilang, nulis aja terus. SEO itu akan kamu mengerti selama proses blogging yang kulakukan tetap berlanjut dan ga' putus.
Waktu Ishoma datang juga. Kuambil kesempatan untuk berbicara dengan Mas Kukuhtw sekaligus dengn OMJAY. Mumpung gantian dengan teman untuk menjaga tas dan barang-barang lainnya, kusempatkan diriku beribincang dengan mereka. Dan hasilnya, memuaskan. Lagi-lagi memuaskan. 

Komunikasi yang tidak lama ini mengantarkanku menjadi member idblognetwork pada saat itu juga. Mas Kukuhtw mengajariku menjadi member IBN dan memanfaatkan rekomendasi dari abang Amriltg sebagai salah satu syaratnya. Ucapan terima kasih yang setinggi gunung bahkan seluas samudera untuk bang Amriltg dan IBN Crew untuk semua ini.

Setelah memanjakan perut dengan menu yang sama dengan hari pertama, kumanfaatkan lagi waktu yang ada dengan berfose bersama OMJAY. Senang rasanya walaupun tidak menngenyangkan. Setidaknya, pengalaman ini sudah terpahat dalam cerita panjang hidupku. 
Berlanjut ke materi selanjutnya, ada Mas TeRRenJr. 
Beliau memaparkan materi tentang Security. Pastilah dimana-mana kita butuh keamanan. Apalagi di dunia maya (baca: Blogging). Pemainnya berada dibalik perangkat. Jadi, kalo ga' pinter-pinter mengamankan, yah pastinya kebobolan maling maya. Hmm.. rupanya Mas TerrenJr berada dalam kondisi yang kurang fit saat membawakan materi. Nampak pucat di wajahnya. Dan itu diperkuat karena ada percakapan soal itu di twitter, bocoran berharga nih. Tetapi, secara keseluruhan, Mas TerrenJr hebat kok. Saya saja ga' mungkin sehebat beliau. 

Materi terakhir akhirnya dibawakan juga oleh mas Kukuhtw. Lelaki yang sudah kuajak ngobrol. Soalnya mas Kukuhtw meminjam colokan kabelku yang sudah saya persiapkan dari rumah. Saking semangatnya, saya bawa terminal kabel 2 macam. Dan Alhamdulillah semua terpakai dan senang bisa membantu mereka.


Materi mas Kukuhtw  soal Monetizing Blog. Dijelaskan gimana caranya menghasilkan uang melalui blog. Tetapi harus digaris bawahi (kalau perlu underlined dan bold aja sekalian), bahwa tujuan utama neg-blog jangan semata-mata karena uang sehingga menggunakan cara-cara yang ga' bersih. Hal itu sangat membuatku sepatu alias sepakat dan setuju. Soalnya, jangan sampai ada yang jadi blogger tidak sehat.



Setelah pemaparan materi, mas Kukuhtw dibantu oleh mbak Mubarika memberikan hadiah kepada peserta Blogilicious Fun Makassar. Meskipun bukan yang menjadi pemenanga lagi, setidaknya saya telah banyak tahu banyak tentang idblognetwork. 
Rasa haru kemudian timbul, ketika mbak Rika (baca: Mubarika) menutup acara. Pengen nangis tetapi malu (udah gede' soalnya). 
Untuk lebih memanfaatkan keberadaanku dalam Blogilicious Fun Makassar ini, ada beberapa yang saya lakukan lagi. Mau tahu??? 

Yuk, simak Ketika "Blogilicious Fun Makassar" Bertasbih (Session 3). Jangan lupa yah!!!

0 komentar:

Post a Comment